Senin, 04 Juli 2011

PERANAN PEMUDA DALAM ISLAM




Pemuda Sebagai Generasi Harapan Islam
Islam adalah agama yang sangat memperhatikan dan memuliakan para pemuda. Al Quran menceritakan tentang potret pemuda ashaabul kahfi sebagai kelompok pemuda yang beriman kepada Allah Swt. dan meninggalkan mayoritas kaumnya yang menyimpang dari agama Allah Swt.. Akibatnya, Allah Swt. menyelamatkan para pemuda tersebut dengan menidurkan mereka selama 309 tahun. (Q.S. Al Kahf)

            Kisah pemuda ashaabul ukhdud dalam Al Quran pun menceritakan tentang pemuda yang tegar keimanannya kepada Allah Swt. sehingga banyak masyarakatnya yang beriman dan membuat murka penguasa. Akibatnya, ratusan orang dibinasakan dengan diceburkan ke dalam parit berisi api yang bergejolak. Dan masih banyak lagi contoh-contoh kisah para pemuda lainnya, diantaranya bahwa mayoritas dari assabiqunal awwalun (orang-orang yang pertama kali beriman kepada Rasulullah saw.) adalah para pemuda (Abu Bakar ra. masuk Islam pada usia 32 tahun, Umar ra. 35 tahun, Ali ra. 9 tahun, Utsman ra. 30 tahun, dan seterusnya).

            Sifat-sifat yang menyebabkan para pemuda tersebut dicintai Allah Swt. dan mendapatkan derajat yang tinggi___kisah mereka diabadikan dalam Al Quran dan dibaca oleh jutaan manusia dari masa ke masa___adalah sebagai berikut:
1.     Mereka selalu menyeru pada Al Haq. (Q.S. 7: 181)
2.     Mereka mencintai Allah Swt., maka Allah Swt. mencintai mereka. (Q.S. 5: 54)
3.     Mereka saling melindungi dan menegakkan shalat (Q.S. 9: 71) tidak sebagaimana para pemuda yang menjadi musuh Allah Swt.. (Q.S. 9: 67)
4.     Mereka adalah para pemuda yang memenuhi janjinya kepada Allah Swt.. (Q.S. 13: 20)
5.     Mereka tidak ragu-ragu dalam berkorban diri dan harta untuk kepentingan Islam. (Q.S. 49: 15)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar