Senin, 04 Juli 2011

Pengaruh Peradaban Islam Terhadap Peradaban Barat


I. Bidang Iptek

·        Kedokteran: Kitab Ibnu Sina, Al Qanun (abad-12) dan Al Hawi (Ar-Razi) menjadi sumber pengetahuan kedokteran di Barat sampai abad-16.
·        Menurut Gustave Le Bon (sejarawan Perancis) bahwa ahli-ahli Barat seperti: Roger Bacon, Leonardo da Vinci, Albertus Magnus, dan lain-lain dibesarkan dalam era keemasan perpustakaan pengetahuan Islam dan Arab.

·        Paus Gerbert (bergelar Sylvestre-II) mengajar ilmu-ilmu alam pada tahun 1552-1562 yang kesemuanya dipelajari di Universitas Islam Andalusia di Spanyol.

·        Gherardo dan Cremona, dua orang ahli astronomi Italia yang menerjemahkan buku Ilmu Astronomi dari kitab Asy-Syarh karangan Jabir ibnu Hayyan.

·        Raja Friederich-II dari Perancis meminta putra-putra Ibnu Rusyd (menurut ejaan Barat dibaca: Averoes) tinggal di istananya untuk mengajarinya ilmu Botani dan Zoologi.

·        Apotik dan ilmu Kedokteran, Kimia dan Botani Islam, sebelum abad-15 sudah sangat maju dibandingkan Barat. Ilmuwan Islam telah menemukan 2000 jenis tanaman untuk obat-obatan.

II. Bidang Sastra
·        Opera “Peringatan akan Akibat” karangan Shakespeare. Karangan ini diilhami dari kisah Alfu lailah wa lailah dari Islam.

·        Cerpen Karangan sastrawan Perancis, Lasange, banyak mengambil inspirasi dari kitab Natan Al Hakim.

·        Sejak Divina Commedia karangan Dante Alghieri mengambil inspirasi dari kitab Risalatul Ghufran (karangan Al Ma’ariy) dan Washful Jannah (karangan Ibnu Arabi)

·        Cerita Gulliver (karangan Schwift) diilhami oleh Alfu lailah wa lailah.

·        Cerita Robinson Crusoe (karangan Defoe) diilhami dari kitab Ar-Risalah (karangan Hayy bin Yaqzhan yang dikenal dengan gelar Ibnu Thufail.

III. Bidang Lain-lainnya
Menurut sejarawan dan orientalis Perancis, Sedillot, bahwa UU Sipil Perancis pada masa Napoleon Bonaparte diilhami dari kitab Al Khalil (salah satu kitab Fikih Maliki).

Dalam aspek bahasa, banyak kata-kata dalam bahasa Barat yang mengambil dari bahasa Arab, seperti: Cotton (dari Quthn), Syrup (dari Syarab), dan Lemon (dari Laymun). Bahkan, nama-nama ilmuwan Islam seperti: Avecina (dari Ibnu Sina), Averoes (dari Ibnu Rusyd), Albategnus (dari Al Baththani), Ibn Yunis (dari Ibnu Yunus), dan lain-lain.

Perbandingan Peradaban Islam dan Barat di Abad Pertengahan
I. Sebagian Sisi Gelap Peradaban Barat
·        Terjadinya pengadilan terhadap “tikus” dipengadilan Autunne di Perancis abad ke-15. Mengapa? Karena tikus dianggap “bersalah” telah memakan tanaman gandum.

·        Pengadilan dan hukuman mati yang dijatuhkan terhadap “Kucing” abad ke-15 di Inggris. Mengapa? Karena kucing diduga membantu para “tukang Sihir” dalam melakukan kejahatannya.

·        Pengadilan terhadap “Ayam yang bertelur” di pengadilan Palle, Swiss abad ke-14.

·        Pengadilan dan pembunuhan besar-besaran kepada para ilmuwan, seperti: Nicholas Copernicus dan Galileo Galilie. Mereka dibunuh karena mengemukakan teori heliosentris, sementara teori yang berlaku saat itu adalah geosentris (teori Claudius Ptolemeus). Tycho Brahe (seorang ilmuwan German) bahkan kehilangan sebelah telinganya karena berani mengatakan bahwa Venus memiliki fase-fase seperti bulan dan lain-lain.

·        Kesemuanya ini terjadi sehingga pada masa tersebut___di Barat___di kenal dengan nama « the Dark Ages ».

II. Mutiara Peradaban Islam
·        Sebelum dunia terkagum-kagum pada kelompok Greenpeace, keadilan Islam pada binatang (lawan dari kondisi di Barat di atas) pada masa Khalifah Umar bin Abdul ‘Aziz (sekitar th 800 M.) sudah dibuat Al Marjul Akhdhar (badan sosial yang dibentuk untuk merawat binatang yang sakit dan tua, seperti : Kucing, Kuda, dan lain-lain).

·        Bahkan ada Hadis-hadis tertentu yang memerintahkan untuk berbuat adil pada binatang, seperti Hadis yang diriwayatkan oleh Syaddad bin Aus ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda, « Sesungguhnya Allah memerintahkan berbuat ihsan kepada segala sesuatu. Jika kamu menyembelih binatang, sembelihlah dengan baik, yaitu dengan menajamkan pisaunya dan menenangkan hewan itu. (H.R. Bukhari Muslim).

·        Hal yang menunjukkan bahwa, jika saat ini umat Islam terbelakang adalah karena kesalahan dan kebodohan umat itu sendiri, bukan karena Islamnya yang tidak sesuai dengan perkembangan modernisasi. Kita lihat bahwa Barat mempelajari pengetahuan modern dari umat Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar